“Manajemen Laba”

Haloo, sejumlah pos manajemen laba di blog ini 😁

105 tanggapan untuk ““Manajemen Laba”

  1. Kak, mau bertanya
    Hasil ouput spss manajemen laba saya,salah satu Xnya tidak masuk ke tabel coefficient.

    X-nya masuk ke tabel excluded variable, itu kenapa ya kak? Apakah itu berarti data saya ada yang salah atau bagaimana ya kak?

    Apakah ada saran bagaimana untuk menangani hal tersebut?

    Terima kasih kak

    Suka

  2. Halo kak Arie, saya mau bertanya, mengapa perusahaan manufaktur cenderung diuji dengan management laba akrual dibandingkan riil? apa ada korelasi tertentu? apa karena manufaktur lebih mudah untuk diuji dengan akrual karena mereka memilki tingkat akrual yang tinggi?
    Mohon penjelasannya kak, Terimakasih

    Suka

  3. halo kak, saat ini saya sedang melakukan penelitian untuk skripsi saya yang menggunakan manajemen laba untuk dependen nya. Manajemen laba dihitung dengan absolut DA cross sec jones model. sampel yang saya gunakan adalah perusahaan non keuangan periode 2017-2020 (dimana artinya data saya adalah data panel). untuk jurnal acuan yang saya gunakan tidak menyebutkan mengenai suspect non suspect nya. Lalu dosen saya bertanya apakah tidak bias ketika saya mencari nilai koefisiennya dengan langsung meregresi seluruh perusahaan untuk seluruh tahunnya sedangkan model jones yang digunakan adalah cross sec. Saya ingin bertanya apakah artinya saya perlu mencari nilai koefisien dengan meregresi satu2 setiap sektor dan setiap tahunnya? terima kasih

    Suka

      1. apa tidak masalah ya kak jika hanya meregresi untuk setiap industri, bukan untuk setiap tahunnya. Jadi saya hanya melakukan 3 kali regresi untuk mencari koefisiennya. Tidak 3 industri dikali 4 tahun = 12 kali regresi. Karena saya melihat jurnal lain sendiri mereka hanya melakukan satu kali regresi untuk seluruh perusahaan kak

        Suka

  4. Selamat malam Bu.. Izin bertanya penelitian saya tentang manajemen laba dengan modified jones model pada perusahaan manufaktur tahun 2017-2019. Setelah melalui proses revisi, reviewer bertanya “Laporan tahunan diambil pada periode kapan untuk memperlihatkan signal?” .

    Disini saya ingin menanyakan bagaimana cara untuk mengetahui signal tersebut dan signal apa yang dimaksud ya Bu? trmksh Bu. Sehat selalu

    Suka

  5. Bu, saya izin bertanya. Sebenarnya lebih baik mana mengukur manajemen laba dengan cara Model Modifikasi Jones atau dengan model Stubben

    Suka

  6. Mbak Arie, aku pake manajemen laba pergeseran klasifikasi, modelnya seperti ini:

    UE_CE_it = Reported CE_it – Predicted CE_it

    nah sementara untuk mendapatkan Predicted CE, harus diregres dlu:
    CE_it = β0+β1 CE-1 + β2 ATO + β3 ACCR-1 + β4 ACCR + β5 ∆SALES + β6 NEG_ ∆SALES + ε

    aku pake analisis data panel di eviews, Mbak. Nantinya juga akan menggunakan nilai eror untuk parameter manajemen labanya. Pertanyaanku:
    apakah sudah tepat klo menggunakan koefisien beta-nya lalu dikalikan dengan nilai variabelnya, setelah itu hasilnya dijumlahkan.. maka diperolehlah nilai predicted CE?

    terus terang aku bingung dan ragu, Mbak Arie, apakah sudah tepat melakukan penjumlahan untuk mendapatkan nilai predicted CE nya.

    terimakasih sebelumnya, Mba Arie 🙂

    Suka

  7. Kak, mau tanya di rumus Modified Jones Model itu ada yg langkah ke-2nya:
    TACit/Ait-1 = β1 (1 / Ait-1) + β2 (ΔREVt / Ait-1) + β3 (PPEt/ Ait-1) + e

    Dan ada juga yg langkah ke-2nya:
    TACit/Ait-1 = β1 (1 / Ait-1) + β2 (ΔREVt / Ait-1 – ΔRECt/ Ait-1)+ β3 (PPEt / Ait-1)

    Yg betul yg mana ya kak?

    Suka

  8. Ka mau nanya apakah mungkin hasil DA yang sudah dicari dengan langkah selanjutnya, hasilnya tidak 0(komaan) melainkan seperti 10(komaan). Saya menggunakan modifikasi jones. Mohon jawabannya kak. Misalkan salah kirakira apakah itu salah karna pas nge regresi ya kak? karena hasil regresi saya besar22

    misalkan :
    X1 = 68104.763
    X2 = 120
    x3 = -60

    apakah hasil regresi ini bisa dipakai kak?

    Suka

  9. Kak mau tanya pada rumus model roychow, utk meregresi rumus abnormal cfo: α0 apakah =x1 ?
    Jika iya, mendpatkan angkanya dari mana?
    Kalo α1 = x2 kan jelas dr 1/aset-1

    Suka

  10. Hallo kakak, aku mau nanya kak. Aku sedang mencari manajemen laba nih kak. Dengan rumus TAit/Ait-1= A1 (1/Ait-1) + a2 (∆Revit/Ait-1) + A3(PPEit/Ait-1)+e
    Jadi kak yg mau aku tanya itu A1,2,3 kan regresi cara mencari itu sama ya kak kayak B1,2,3. Trus diakhir rumus itu kan ada e ..itu apa ya kak?

    Mohon dibantu kak..Terimakasih banyak.

    Suka

  11. Pagi Kak.. saya mau menghitung manajemen laba pakai rumus jones modifikasi. Ada langkah yang lebih mudah engga ya kak

    Suka

    1. Ka mau tanya dong pada rumus CFO kan ada nilai error nya itu didapatkan dari regresi spss bukan yah nilainya atau hanya jadi 0 saja nilainya

      Suka

  12. Hallo kak. maaf sebelumnya ka,
    saya sedang mengerjakan tugas akhir tentang manajemen laba.dan saya menggunakan pendekatan distribusi laba (earnings thresholds) dengan rumus:
    ∆E={Eit-E(it-1)} /{ MVE(it-1)}

    Keterangan:
    ∆E = Distribusi laba, dimana bila ∆E adalah nol atau positif,maka
    perusahaan menghindari penurunan laba. Bila nilai E adalah
    negatif, maka perusahaan menghindari pelaporan kerugian.

    E_it = Laba perusahaan i pada tahun t

    E_(it-1) = Laba perusahaan i pada tahun t-1

    MVE_(it-1) = Market Value of Equility perusahaan i pada tahun t-1.

    yang mau saya tanyakan,benarkah rumus manajemen laba tersebut dg menggunakan model distribusi laba ka?terimakasih banyak kak,mohon penjelasannya

    Suka

    1. Halo Nursyam, saya nggak tau soal rumus ini. Terus terang, saya hanya tau beberapa rumus manajemen laba yang terkait penelitian saya dulu saja, padahal ada banyak rumus yang ada

      Aturan umumnya sih sepanjang rumus itu bersumber dari artikel yang oke ya rumus itu bisa kita gunakan. Coba cek artikel rumus itu, apakah dia merujuk pada artikel lain? Kemudian cek oke enggaknya artikel itu. Kalo oke, bisa jalan terus ☺

      Suka

  13. Kak saya mau tanya, jika variabel X kita ada 4 apakah koefisien β1, β2 dan β3 itu harus mengikuti jumlah variabel X yang ada 4 itu jadinya β1, β2, β3 dan β4 atau hanya sampai β3 saja? dan kalo hanya sampai β3 itu alasannya kenapa yaa? masih bingung soalnya. Makasih kak 🙂

    Suka

      1. Nilai total accrual (TA) yang diestimasi dengan persamaan regresi Ordinary Least Square (OLS) sebagai berikut :
        TAit/Ait-1 = β1 (1 / Ait-1) + β2(ΔRevt / Ait-1) + β3 (PPEt/Ait-1) + e . <<– yang dirumus ini kak tetap ya β nya ngikutin jumlah variabel X nya? soalnya udah liat di beberapa jurnal yang variabel X nya lebih dari 4 tapi tetap aja β nya hanya sampai β3. maaf ya kak nanya mulu 🙂

        Suka

  14. assalamu’alaikum Ka ari ijin bertanya kalo melihat ΔREVit = perubahan piutang usaha di laporan keuangan perusahaan itu kan di catatan atas laporan keuangan konsolidasian yah ?? itu hasil yang digunakan dari ΔREVit piutang usaha atau piutang usaha (lanjutan) ??

    Suka

  15. Kak saya mau menanyakan beberapa pertanyaan.
    1. kalo modified jones untuk mencari discreationary accrualsnya menggunakan rumus DA = TA – NDA atau DA = TA/At-1 / NDa?

    2. Hasil manajemen labanya berupa angka rupiah (miliaran) atau nol kom (0,xxx)?

    3. Lalu bagaimana interpretasinya setelah menemukan hasil DA?

    Terima kasih kak.

    Suka

      1. Terima kasih ya Kak sudah membalas.

        Jika menggunakan rumus DA = TA – NDA, kok hasil saya jadi miliaran ya kak? Nanti untuk melihat manajemen labanya dilihat jika (+) menaikkan, jika (-) menurunkan.

        Tapi jika hasilnya miliaran saya jadi bingung interpretasinya kak 😦

        Suka

      2. Biasanya semua variabel dibagi dengan angka tertentu (eg. aset). Ini juga untuk mengurangi heteroskedastis

        Coba dicek jurnalnya pake pembagi apa. Kalo nggak ketemu di jurnal itu, coba cek jurnal yang dirujuknya

        Suka

  16. Kak mau bertanya misal kita sudah mendapat koefisien dari perhitungan
    TACit/Ait-1 = β1 (1 / Ait-1) + β2 (ΔREVt / Ait-1) + β3 (PPEt/ Ait-1) + e
    Misal β1= -0.089, β2 = 0.099, β3 =0.021
    Berarti perhitungan selanjutnya angka tersebut dikalikan pada rumus nda? Seperti
    NDAit = -0.089 (1 / Ait-1) + 0.099(ΔREVt / Ait-1 – ΔRECt/ Ait-1)+ 0.021(PPEt / Ait-1)
    Begitu kak?

    Suka

      1. Bu ingin bertanya untuk mencari nilai regresi apakah harus perperusahaan atau semua sampe dicari nilai regresi ya secara langsung?

        Terimakasih

        Suka

Bagaimana menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: